Hp Cepat Panas? Ini Langkah Mengatasinya

Overheat atau panas berlebihan memang jadi permasalahan yang seringkali dihadapi oleh hp, ditambah lagi di peristiwa mudik seperti saat ini. Ada banyak aspek pemicu overheat seperti penggunan hp sepanjang hari, baterei berkualitas jelek, memakai casing pelindung yang sangat tebal, serta perihal yang lain. Walau ini jadi perihal yang lumrah, bila overheat selalu dilewatkan, maka mengakibatkan kerusakan hp bahkan juga menyebabkan ledakan.



Pada intinya, produsen hp telah menghadapi supaya tidak berlangsung ledakan (sebab overheat) pada produk garapan mereka. Bermacam langkah dikerjakan produsen hp untuk menahan perihal jelek itu seperti tingkatkan kualitas dari hp tersebut serta mendatangkan skema pendingin. Akan tetapi, ada cara-cara sendiri untuk menghadapi panas berlebihan yang bisa menyebabkan ledakan pada hp.

Tersebut detikINET kumpulkan beberapa panduan yang bisa menolong menahan overheat pada hp Anda.


1. Instal Aplikasi Seperlunya 


Pemakaian banyak aplikasi ini dapat membuat hp cepat panas. Meskipun sekarang ini banyak hp di dukung dengan komponen hardware pendukung multitasking, seperti RAM yang tinggi, tetap harus pembiaran ini akan menyebabkan fatal pada hp. Jika hal seperti ini selalu dikerjakan, pasti kekuatan hp overheat akan besar sekali. Tidak hanya cepat panas, pemakaian aplikasi yang kebanyakan mengakibatkan hp seringkali hang.


2. Pakai Baterei Original 


Sekarang ini, pemakaian baterei tanam telah jadi trend produksi hp. Akan tetapi waktu baterei telah mulai ada pada keadaan drop, kita bisa menggantinya dengan yang baru. Waktu baterei hp rusak, semestinya ubah dengan baterei original yang mempunyai kualitas lebih baik serta telah terjamin ketahanannya, meskipun harga nya cukuplah mahal. Umumnya baterei dengan harga terjangkau berkualitas jelek tidak tahan lama, seringkali panas serta cepat rusak.


3. Charge Hp Secukupnya 


Bila baterei hp Anda telah terisi penuh, semestinya selekasnya hentikan proses charging. Rutinitas membiarkan baterei tersambung dengan charger dengan terus-terusan nyatanya tidak aman. Hal seperti ini dapat juga mengakibatkan baterei hp cepat panas atau overheat.

Hp Cepat Panas? Ini Langkah MengatasinyaFoto: Internet

Walau beberapa charger bisa memutuskan arus listrik bila daya telah terisi 100 %, akan tetapi membiarkan baterei tetap ada dalam keadaan 100 % selalu terisi juga tidak baik. Isi baterei sesaat saja sampai terisi penuh dengan berulang-kali malah lebih baik, dibanding baterei dilewatkan sampai keadaan 0 % lantas di isi daya.

Diluar itu janganlah terus-terusan memakai hp yang tengah di charge. Hal seperti ini bisa menyebabkan overheat bertambah cepat sebab pemrosesan aplikasi serta hardware ditambah temperatur yang dibuat saat isi daya baterei.


4. Terlepas Cover Pelindung

Semestinya janganlah menutupi hp dengan cover pelindung yang sangat tebal. Pemakaian cover yang tebal memang lumayan bagus membuat perlindungan hp dari goresan. Akan tetapi, cover yang tebal itu bisa tutup hawa masuk hingga hp jadi cepat panas.


5. Biarlah Lubang Charger terbuka

Beberapa hp telah memakai sertifikasi tahan air, serta mempunyai penutup lubang charger. Semestinya port charger pada hp tidak dalam kondisi tertutup. Hal seperti ini dikerjakan supaya hp tidak alami panas yang berlebihan atau overheating sebab minimnya hawa masuk ke hp.


6. Taruh Hp ditempat yang mempunyai ventilasi hawa baik

Taruhlah hp di beberapa tempat yang mempunyai ventilasi hawa yang baik atau ada di suhu ruang ber-AC. Hal itu cukuplah punya pengaruh pada kualitas hp tersebut. Upayakan juga janganlah menaruh hp dibawah bantal sebab ini akan punya pengaruh tingkatkan panas, bahkan juga terserang kemungkinan rusak sebab terhimpit tubuh waktu tidur.

Hp Cepat Panas? Ini Langkah MengatasinyaFoto: detikINET/Irna Prihandini

7. Janganlah Sangat Seringkali Melihat YouTube

Melihat YouTube waktu melawan kemacetan arus mudik memang menyenangkan. Akan tetapi perlu untuk diketahui, kelamaan streaming YouTube bisa percepat naiknya temperatur hp. Hal seperti ini karena disebabkan proses streaming video memerlukan data yang besar dan pemakaian RAM yang tinggi.


8. Matikan Ponsel

Ini adalah senjata terakhir buat hp yang alami overheat. Mematikan hp jelas akan hentikan semua proses yang berlangsung waktu hp menyala. Hal itu akan secara cepat turunkan temperatur hp. Lebih, mematikan hp bisa 'mengembalikan' kecepatan proses aplikasi seperti sebelumnya

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Hp Cepat Panas? Ini Langkah Mengatasinya "

Posting Komentar